Posted by : Hafi Munirwan Jumat, 24 Januari 2014

Pada   kesempatan  ini saya akan menyampaikan opini mengenai salah satu paradigma  yang  berkembang di masyarakat. Khususnya di dunia barat dan sedikit di dunia timur termasuk Indonesia.


Saya prihatin dengan cara pandang seorang masyarakat/golongan tertentu yang suka mendiskreditkan seseorang/golongan tertentu secara pukul rata dan tanpa toleransi. Saya ambil sebagai contoh di dunia barat, masih banyak masyarakat non-muslim yang mendiskreditkan kaum muslim. Kaum muslim dianggap teroris, dibatasi hak-hak hidupnya melalui larangan berjilbab dsb.

Yang menjadi miris lagi adalah, dunia barat yang dianggap menjadi model demokrasi yang baik namun justru mengeluarkan kebijakan yang tidak toleransi dengan alasan tertentu. Lagi-lagi yang saya sorot adalah mengenai larangan berjilbab, karena ini adalah isu yang sensitif dimana kewajiban seorang muslimah justru dilarang. Dan yang parahnya lagi, cara pandang seperti ini mulai ditularkan kepada masyarakat2 non-barat termasuk warga Indonesia.

Coba kita renungkan salah satu quote berikut:
"Don't Judge A Book By It's Cover"
Menurut saya, quote ini memiliki makna : lihatlah kedalam, jangan hanya melihat luaran saja. 

Isu terorisme memang menjadi permasalahan saat ini, dan saya secara pribadi juga pihak yang menentang dan tidak mendukungnya. Tapi cobalah kita mulai saat ini melihat kedalam diri seseorang, bukan mengecap benar-salah seseorang dari penampilan luarnya saja. Bukankah masih sangat banyak kaum muslim yang bertoleransi di negara-negara mayoritas muslim seperti di Indonesia dan Malaysia? Lantas mengapa kesalahan yang dilakukan oleh beberapa orang lantas dibebankan kepada seluruh masyarakat dalam suatu negara tersebut?

Maksud saya, jika kita menilai seseorang janganlah kita melihat luaran yang dapat diartikan sebagai bagian dari golongan tertentu. Namun, nilailah seseorang dari isi hati dan perilakunya. Jika seseorang bersalah, maka orang tersebutlah yang harus dihukum, bukan semua orang yang memiliki suatu kesamaan tertentu.

Tentu saja masih banyak permasalahan lain yang ditimbulkan oleh cara pandang yang sempit ini selain larangan berjilbab yang saya bahas diatas. Larangan berjilbab tersebut hanyalah satu sampel permasalahan yang ditimbulkan disamping permasalahan2 lainnya.

Oleh karenanya, dalam tulisan ini saya mengajak teman2 semua untuk merubah pola pikir teman2 yang mungkin masih menilai seseorang dari luaran saja menjadi menilai seseorang lebih kedalam yaitu dari nilai2 dan perilakunya. Mari kita sama2 saling mengingatkan dan saling membangun ke arah yang lebih baik.

Semoga apa yang saya sampaikan mudah dimengerti, dan berguna bagi kebaikan kita bersama.

Salam sejahtera, Wassalam'alaikum wr.wb.
Sekian.(/haf)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Terjemahkan

Tinggalkan Pesan

Flag Counter

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Berbagi Pengalaman dan Opini -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -